Catur Purusa Arta
Om Swastiastu,
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Hindu kaya akan ajaran-ajaran mengenai Ketuhanannya. Diantaranya seperti, Sraddha, Yadnya, Tri Hita Karana, Catur Asrama, Catur Purusa Artha, dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi, saya akan mencoba mengangkat Tema “Catur Purusa Artha” dengan judul “Merefleksikan Ajaran Catur Purusa Artha dalam Kehidupan Sehari-hari”. Catur Purusa Artha berasal dari akar kata Catur yang berarti Empat, purusa yang berarti Jiwa, dan Artha yang berarti Tujuan Hidup. Jadi, Catur Purusa Artha adalah Empat Tujuan hidup manusia. Catur Purusa Artha memiliki kaitan yang erat dengan Catur Varga yang berarti empat tujuan hidup manusia yang terjalin erat satu dengan yang lainnya. Uraian mengenai keterkaitan Catur Purusa Artha dan Catur Varga, dapat kita temui dalam Susastera India yang telah ditulis berabad-abad lamanya. Misalnya dalam Kitab Mahabharata atau Asta Dasa Parva. Karena kitab kesusasteraan India banyak diterjemahkan kedalam bahasa Jawa Kuno (Kawi), maka uraian tentang Catur Purusa Artha juga banyak ditemui dalam sumber-sumber jawa kuno lainnya, seperti Kekawin Ramayana, Sarasamusscaya, dan sebagainya.
Kitab-kitab tersebut merupakan kitab yang banyak dibaca dan digemari sampai saat ini, maka ajaran Catur Purusa Artha merupakan ajaran yang bersifat universal dan berlaku sepanjang jaman. Di dalam Kitab Brahma Purana, dapat kita jumpai kutipan mengenai Catur Purusa Artha, seperti disebutkan di bawah ini:
“dharmaarthakamamoksanam sariram sadhanam”
Artinya: Tubuh adalah alat untuk mendapat Dharma,
Artha, Kama, dan Moksa.
Kutipan diatas menjelaskan bahwa manusia harus menyadari apa yang menjadi
tujuan hidupnya, apa yang harus dicarinya dengan badan yang dimilikinya.
Semuanya tak lain adalah Catur Purusa Artha itu sendiri. Berikut adalah
bagian-bagian dari catur Purusa Artha beserta Penjelasannya:
1.
Dharma
Kata Dharma berasal dari kata dhr yang berarti menjinjing,
memelihara, memangku, mengatur. Jadi, dharma dapat diartikan sebagai
sesuatu yang mengatur atau memelihara dunia beserta semua makhluk. Menurut
Santi Parva (109.11) bahwa semua yang ada di dunia ini telah memiliki dharma
dan diatur oleh dharma. Sebagai contoh, manusia yang telah memelihara dan
mengatur hidupnya untuk mencapai moksa adalah orang-orang yang telah
melaksanakan dharma. Artinya, bahwa kewajiban-kewajiban daripada sorang manusia
adalah melaksanakan Dharma demi mencapai moksa. Seperti yang diuraikan dalam
kitab Sarassamuscaya berikut ini:
Kamarthau lipsamanas tu dharmam evaditas caret
Na hi dharmadapetyarthah kamo vapi kadacana
Yan paramarthanya, yan arthakama bsadhyan, dharma juga
Irekasakna rumuhun, niyata,katemwan in artha kama mne
Tan paramartha wi katemwan in arthakama denin anasar saken dharma
Kamarthau lipsamanas tu dharmam evaditas caret
Na hi dharmadapetyarthah kamo vapi kadacana
Yan paramarthanya, yan arthakama bsadhyan, dharma juga
Irekasakna rumuhun, niyata,katemwan in artha kama mne
Tan paramartha wi katemwan in arthakama denin anasar saken dharma
Artinya: jika Artha dan Kama yang dituntut, maka seharusnya, lakukanlah Dharma terlebih dahulu, pasti akan diperoleh Artha atau Kama itu nanti, tidak akan ada artinya jika memperoleh Artha dan Kama tetapi menyimpang dari Dharma.
Ada sebuah kutipan seperti ini:
Dharma su Satyam Utamam yang artinya Lakukanlah segala sesuatu berdasarkan Dharma. Artinya, jika kita hendak melakukan sesuatu, lakukanlah hal tersebut berdasarkan Dharma, jangan pernah menyimpang dari Dharma. Sebab, dengan melakukan Dharma terlebih dahulu, baik Kama atau Artha akan mengikuti. Sesungguhnya, Kebenaran Tertinggi adalah Brahman itu sendiri. Dharma itu seperti layaknya sebuah perahu. Perahu mengantarkan nelayan menyeberangi lautan, sedangkan Dharma adalah jalan untuk mencapai Tuhan (Brahman).
2.
Artha
Artha dapat diartikan sebagai tujuan hidup
ataupun kepentingan orang lain. Namun dalam hal ini, Artha lebih di fokuskan
pada kekayaan atau harta. Agama Hindu sangatlah memperhatikan kedudukan dan
fungsi artha dalam kehidupan. Mencari Harta atau Kekayaan, bukanlah sesuatu
yang dilarang, malahan itu merupakan hal yang dianjurkan asalkan semuanya itu
diperoleh berdasarkan Dharma dan digunakan untuk kepentingan Dharma pula. Dalam
Agama Hindu, sebenarnya Artha bukanlah merupakan tujuan. Melainkan, Moksa lah
yang menjdai tujuan tertinggi umat Hindu yang hidup di dunia ini. Artha
hanyalah merupakan sarana untuk mencapai tujuan tersebut yang sangat penting
pula setelah Dharma.
Di dalam kitab Sarassamuscaya dijelaskan bahwa
jika harta diperoleh dengan jalan Dharma, maka bahagia lah orang yang
memperolehnya itu, tetapi jika harta tersebut diperoleh dengan cara Adharma,
maka noda dan dosa lah yang ia dapatkan. Seperti itulah arti dari kutipan salah
satu sloka di kitab Sarassamuscaya. Harta yang diperoleh seseorang harus dapat
di bagi tiga, yakni:
a.
Sadhana ri Kasiddhan in dharma
Dipakai untuk memenuhi Dharma. Contohnya untuk melakukan kewajiban-kewajiban
dharma, seperti pelaksanaan Panca Yadnya.
b.
Sadhana ri kasiddhan in Kama
Dipakai untuk memenuhi Kama. Contohnya, untuk kesenian, olahraga, rekreasi,
hobby, dan lain sebagainya.
c.
Sadhana ri kasiddhan in Artha
Dipakai untuk mendapatkan harta kembali, contohnya, untuk memproduksi
sesuatu, berjualan, dan lain sebagainya.
Dalam ajaran Agama Hindu berkali-kali ditekankan bahwa Harta tidak akan dibawa mati. Yang akan meringankan dan menuntun pergi ke akhirat adalah perbuatan baik dan buruk. Oleh karena itu, harta kekayaan hendaknya di sedekahkan, dipakai, dan diabdikan untuk perbuatan dharma. Hanya dengan cara demikian lah harta tersebut memiliki nilai yang utama.
Dalam ajaran Agama Hindu berkali-kali ditekankan bahwa Harta tidak akan dibawa mati. Yang akan meringankan dan menuntun pergi ke akhirat adalah perbuatan baik dan buruk. Oleh karena itu, harta kekayaan hendaknya di sedekahkan, dipakai, dan diabdikan untuk perbuatan dharma. Hanya dengan cara demikian lah harta tersebut memiliki nilai yang utama.
3.
Kama
Kama dalam ajaran Agama Hindu berarti nafsu atau keinginan yang dapat
memberikan kepuasan atau kesejahteraan hidup. Kenikmatan tersebut merupakan
salah satu tujuan hidup utama manusia karena manusia memiliki 10 indriya yaitu:
a.
Srotendriya : keinginan untuk mendengar
b.
Tvagendriya
: keinginan untuk merasakan sentuhan
c.
Caksvindriya : keinginan untuk melihat
d.
Jihvendriya
: keinginan untuk mengecap
e.
Ghranendriya
: Keinginan untuk mencium
f.
Wagindriya : keinginan untuk berkata
g.
Panindriya
: keinginan untuk memegang sesuatu
h.
Padendriya
: keinginan untuk bergerak atau berjalan
i.
Payvindriya
: keinginan untuk membuang kotoran
j.
Upasthendriya :
keinginan untuk enikmatan dengan kelamin
Kesepuluh indriya tersebut menyebabkan manusia berbuat sesuatu, perasaan
ingin tahu. Kita harus dapat mengontrol indria tersebut agar tidak terjerumus
kepada hal-hal negative karena sering sekali indria menjerumuskan manusia ke
arah yang negatif jika manusia itu tidak dapat mengendalikan indria itu
sendiri. Menurut ajaran agama Hindu, Kama atau nafsu tidak ada artinya jika
diperoleh dengan cara yang menyimpang dari Dharma. Karena Dharma menduduki
tempat paling utama dari Kama dan menjadi pedoman dalam mencapai Kama. Dalam
kekawain Ramayana, dikatakan bahwa, Kenikmatan (Kama) hendaknya terletak dalam
kemungkinan yang diberikan kepada orang lain untuk merasakan kenikmatan.
Jadi,pekerjaan yang bersifat ingin menguntungkan diri sendiri dalam memperoleh
harta dan kenikmatan tidak dilaksanakan.
4.
Moksa
Moksa merupakan tujuan tertinggi umat Hindu.
Moksa memiliki arti, yakni pelepasan atau kebebasan. Maksud dari kebebasan
disini adalah kebahagiaan dimana atma dapat terlepas dari pengaruh maya dan
ikatan Subha-Asubha Karma, serta bersatunya sang Atman dengan Brahman
(asalnya). Moksa juga dapat diartikan sebagai Mukti atau Nirvana. Pada
hakekatnya, manusia mengharapkan kebahagiaan yang tertinggi (Sat Cit
Ananda). Namun kebahagiaan seperti ini tidak dapat kita rasakan di
kehidupan duniawi ini. Menurut ajaran Agama Hindu, Kebahagiaan yang kekal dan
abadi hanya di dapat dengan persatuan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang
disebut dengan Moksa. Umat manusia harusnya sadar bahwa perjalanan hidup mereka
di dunia adalah untuk mencari Ida Sang Hyang Widhi dan bersatu dengan beliau.
Tentu kita tidak mengharapkan kembali bahwa kita akan lahir ke dunia
berulang-ulang dan sengsara. Apabila kita masih lahir ke dunia, itu berarti
kita belum mencapai Kebahagiaan yang tertinggi.
Seperti layaknya kita menyeberangi Samudera, tentu mencapai Beliau (Brahman)
bukanlah sesuatu yang mudah untuk di lakukan. Akan tetapi, semua itu dapat
diperoleh jika jalan yang kita tempuh untuk mencapai Beliau adalah dengan jalan
Dharma. Lagi-lagi disini diuraikan mengenai Dharma. Ya, itu semua memang harus
berlandaskan Dharma, karena Tuhan/Brahman itu adalah kebenaran itu sendiri.
Sangat mustahil sekali, jika kita mencapai beliau dengan jalan Adharma.
Jangankan mencapai Brahman, untuk mencapai Artha dan Kama pun kita tidak akan
mampu jika melakukannya. Tujuan umat hindu sesungguhnya untuk mencapai dan
melaksanakan Dharma sebagai pengendali Artha dan Kama yang merupakan sarana
untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki, yakni mencapai Ida Sang Hyang Widhi
Wasa atau Moksa.
Adapun kaitan Catur Purusa Artha dengan Catur
Asrama. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Catur Asrama adalah
empat tingkatan hidup manusia, mulai dari Brahmacari (masa menuntut ilmu),
Grhasta (masa berumah tangga), Wanaprastha (mulai meninggalkan kehidupan
materi), dan Biksuka/sanyasin (melepaskan keterikatan duniawi). Keempat
tingkatan ini hanya bersifat informal yang nantinya memiliki kaitan erat dengan
Catur Purusa Artha, dengan kata lain, Catur Purusa Artha merupakan filsafat
hidup dari Catur Asama.
Dalam tingkatan hidup Brahmacari, kedudukan
Dharma (dalam hal ini Kebenaran) sangatlah penting. Dharma adalah tujuan pokok
dalam tingkat hidup Brahmacari. Artha dan Kama belum begitu mendapat tempat
penting disini. Sebagaimana telah diungkapkan di atas, bahwa mencari Artha,
Kama dan Moksa maka Brahmacari merupakan dasar Asrama yang lain Grhasta,
Wanaprastha, dan Biksuka. Tingkat hidup pada masa Brahmacari ini sering sekali
di sebut sebagai aguron-guron atau asewaka guru yang artinya adalah suatu
tingkat kehidupan yang memerlukan ketekunan, kesungguhan. Karena pada tahap
ini, seorang sisya/murid mendapatkan wejangan-wejangan dari guru yang berarti
juga mendapatkan ilmu pengetahuan dari sang guru. Tentunya mendapatkan pengetahuan
seperti ini memerlukan sikap kesungguhan. Pada tahap Brahmacari ini juga,
seseorang dapat membentuk wataknya berdasarkan pada Dharma.
Lain halnya dengan Grhasta, melewati masa
Brahmacari, seseorang wajib memasuki masa Grhasta. Dalam tingkat hidup Grhasta,
masalah artha dan Kama menjadi tujuan hidup yang sangat penting. Seseorang yang
telah memasuki masa Grhasta akan memiliki kewajiban-kewajiban yang berkaitan
dengan masalah masyarakat maupun dengan masalah keagamaan. Di samping memiliki
kewajiban untuk melanjutkan sebuah keturunan, seorang Grhastin (sebutan untuk
orang yang menjalani thap Grhasta) berkewajiban juga melaksnakan yadnya,
seperti Dewa Yadnya, Pitra Yadnya, Rsi Yadnya, Manusa Yadnya dan Bhuta Yadnya.
Tingkatkehidupan Grhasta merupakan tingkatan hidup yang sangat berat. Namun,
apabila semua kewajiban-kewajiban tersebut dapat di laksanakan berdasarkan
dengan dharma, maka hidup ini akan sangat mulia.
Selanjutnya ketika seseorang telah masuk ke masa
Brahmacari dan Grhasta, selanjutnya adalah masa Wanaprastha (masa untuk
mengasingkan diri). Seseorang yang telah masuk dalam masa Wanaprastha, akan
mulai mengasingkan dirinya dari kegiatan kehidupan kemasyarakatan. Dalam hal
ini, berarti Artha dan Kama mulai berkurang sehingga, Artha dan Kama dalam
tingkat hidup Wanaprastha tidak memiliki kedudukan yang penting. Apabila
seseorang sudah memasuki masa Wanaprastha ini, berarti seseorang itu sudah
berani melepaskan diri dari ikatan Kama dan Artha. Karena tujuan pokok dari
Asrama ini adalah untuk mencapai moksa. Untuk dapat menyatu dengan Ida Sang
Hyang Widhi, maka pada masa ini kegiatan yang lebih banyak dilakukan dalam masa
ini adalah tapa brata dan semadhi.
Tingkat hidup yang terakhir dalam Catur Asrama
adalah Sanyasin atau Biksuka. Sesungguhnya, pada tingkat Wanaprastha dan
Biksuka tidak banyak bedanya. Dalam tingkat Sanyasin, seseorang benar-benar
telah matang dalam semadhinya. Seorang Sannyasa benar-benar sudah tidak
memiliki keinginan untuk mencari Kama maupun Artha lagi. Hanya satu yang
menjadi keinginannya, yakni mencapai penunggalan Ida Sang Hyang widhi yang
berupa suka tan pawali duka yaitu Moksa. Seorang Sannyasa akan lebih banyak
melakukan dharma yatra atau tirtha yatra yaitu mengunjungi tempat-tempat
suci. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam masa Brahmacari,
saat Dharma merupakan tujuan utama adalah merupakan tingkat hidup yang sangat
menentukan berhasilnya tingkat hidup yang lain, yakni Grhasta, Wanaprastha, dan
Biksuka. Dengan kata lain, Grhasta, Wanaprastha dan Biksuka tidak akan tercapai
dengan baik tanpa menghayati Dharma.
“Hendaknya seseorang mendapatkan Artha dan
Kama dengan jalan Dharma, sebab jika bukan dengan jalan dharma memperolehnya,
maka hanya dosa yang akan di dapat. Bukan juga kebahagiaan (Brahman) melainkan kesengsaraan
yang akan menyebabkan kita dapat lahir kembali kedunia untuk memperbaiki karma
kita di masa dahulu. Karena dengan kita banyak melakukan kebaikan (Dharma) maka
Artha dan Kama akan mengikuti dengan sendirinya”
Om Santih Santih Santih Om,
Komentar
Posting Komentar